Akhir Sejarah Nokia

image

Nokia telah mengumumkan penyelesaian penjualan divisi telepon dan layanan mobile yang bermasalah untuk yang berbasis Microsoft, mengakhiri sejarah sebagai mantan pembuat ponsel terkemuka sejak tahun 1865.

Jumat ini merupakan hari penutupan kesepakatan itu, yang mencakup lisensi untuk portofolio paten Nokia, regulasi global dan berakhirnya produksi ponsel oleh perusahaan Finlandia tersebut, yang telah memimpin pasar ponsel lebih dari satu dekade, pada puncaknya dengan 40 persen pangsa pasar global pada tahun 2008. Kesepakatan itu telah ditutup selama kuartal pertama tetapi tertunda karena keterlambatan persetujuan, termasuk dari China.

Nokia, mempunyai kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Finlandia, tapi secara bertahap kehilangan cengkeramannya pada pasar karena gagal memenuhi tantangan smartphone iPhone dari Apple, Android Google dan Rival lainnya yang lebih murah dari Asia.

Dalam upaya untuk mengembalikan kejayaannya, Nokia bekerja sama dengan Microsoft pada tahun 2011, menggantikan sistem operasi yang lama dengan OS berbasis Windows, dan membutuhkan waktu 8 bulan untuk menghasilkan Nokia Windows Phone pertama, dan konsumen merespon dengan dingin terhadap model atau OS yang ditawarkan.

Nokia kini hanya akan fokus pada jaringan, layanan pemetaan, pengembangan teknologi dan lisensi. Microsoft mengatakan akan mengakuisisi sekitar 25.000 karyawan Nokia di 50 negara, termasuk 4.700 di Finlandia.

Markas Nokia di Espoo, dekat ibukota Finlandia, Helsinki tertutup sebuah spanduk dengan kata-kata “On the Move.” Mereka akan diambil alih oleh Microsoft dan pekerja Nokia yang tersisa di daerah tersebut akan pindah ke kantor terdekatnya.
Microsoft akan memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam bisnis handset. Posisi pasar mereka cukup suram, hanya 4 sampai 5 persen dari keseluruhan pasar ponsel dunia.

Microsoft mengatakan bahwa mantan CEO Nokia Stephen Elop akan menjadi wakil presiden eksekutif dari Microsoft Devices Unit, yang mencakup smartphone dan tablet Lumia. Microsoft Mobile Oy, anak perusahaan dari Microsoft, akan mengembangkan, memproduksi dan mendistribusikan Lumia, Asha dan Nokia X ponsel dan perangkat lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s