Cara Dual Boot Windows 8 dan Windows 7

Windows 8 telah hadir, mungkin banyak dari kita yang telah menanti kehadirannya dan ingin mencobanya. karena saya yakin OS ini membuat kita penasaran dengan iklan-iklannya yang energik dan menarik. Mungkinkah OS baru ini memberi pengalaman komputasi dan UI (user Interface) yang lebih baik?

dual boot

Beruntung, kita tidak harus mengorbankan PC yang kita pakai saat ini atau membeli yang baru hanya untuk mencari tahu hal itu. Anda dapat menginstal Windows 8 Release Preview bersama Windows 7. Ini hanya sekedar pengaturan konfigurasi dual-boot saja.

Sebelum lebih jauh, pastikan Anda melakukan backup pada hard drive Anda, untuk keamanan data, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Dapatkan Windows 8

Pertama yang harus dilakukan adalah download Windows 8 Pro dan burning ke DVD atau USB key yang akan kita gunakan untuk menginstall.  Tapi jika anda sudah mempunyai Windows 8 dalam bentuk DVD or USB key, bagian ini boleh kita lewati. Anda bisa langsung ke step 12.  Karena disini saya akan menjelaskan proses awal sampai akhir untuk mendapatkan Windows 8 di PC kita. Jika belum, klik Buy Windows 8 . Note: Windows 8 memerlukan sebuah Product Key Windows 8 yang valid untuk menginstallnya.

F87b9d9b

2. Cek Kompatibilitas (Compatibility Check)

Tetapi, Sebelum membeli Windows 8, kita akan mendownload aplikasi Windows 8 Upgrade Assistant. Saat dijalankan dan melakukan pengecekan untuk kompatibilitas, akan terlihat layar “Let’s see what’s compatible“. ( ini bukanlah pengecekan terhadap asli tidaknya OS yang kita pakai, tapi untuk mengecek aplikasi atau device yang kompatibel.

2.%2520let's-see-what's-compatible

3. Inilah Yang Kita Temukan (Here’s What We Found)

Ketika upgrade assistant selesai.Akan tampil layar “here’s what we found“. Lihat rincian kompatibilitas jika ingin untuk sekedar mengetahui, karena walaupun terlihat banyak, ini tidak berpengaruh karena kita tidak sedang melakukan upgrade. Selanjutnya klik Next.

Cc8739ca

4. Pilih Yang Akan Disimpan (Choose What to Keep)

Berikutnya layar “choose what to keep“, dan karena kita tidak melakukan upgrade tapi membuat Clean Install untuk dual-boot, maka pilih “Nothing” dan klik Next.

7a689953

5. Beli

Saatnya membeli Windows 8 Pro. Klik tombol Order, ikuti instruksi pembayaran, dan ketika selesai, kamu akan mendapatkan sebuah product key Windows 8 Pro di layar “thanks for your order” . Copy Produk key tersebut dan letakkan ditempat yang aman, dan saya sarankan untuk menulis pada ssecarik kertas juga. Kita akan membutuhkannya nanti.

6d8e129e

6. Download Windows 8

File installer mulai di downloading, perhatikan gambar, Cukup cepat untuk mendownloadnya jika kita mempunyai koneksi internet yang cepat. Waktu yang dibutuhkan kurang dari 10 menit saja.

56082b4d

7. Membuat Media untuk Menginstal

Setelah download selesai dan hasil download akan diperiksa dan file akan disiapkan. kita berakhir pada layar ini. Pilih Install by creating media, kemudian klik Next.

D862ca2f

8. Pilih Media Yang Akan Digunakan.

Memilih untuk membuat  USB key atau DVD . Jika tidak memiliki DVD burner, Anda harus mengklik “USB Flash Drive.” Untuk panduan ini, kita akan memilih media DVD, di mana Anda akan memilih ISO file yang akan kita burning menjadi DVD Windows 8. Klik “Save“. Jika ingin menggunakan USB flash drive saya jelaskan disini.

46e95936

9. Membuat File ISO.

Simpan ISO file tersebut seperti step 8 pada tempat yang mudah untuk ditemukan, seperti di desktop kita.  Setelah beberapa menit, Windows akan membantu kita untuk melakukan burning file tersebut ke sebuah DVD.

05f0e61e

10. Buka DVD Burner

Klik Open DVD Burner dan masukkan DVD kosong di pemutar DVD / DVD drive.

2d4eb316

11. Proses Burning.

Jendela seperti ini akan muncul. Klik Burn, dan sebentar lagi kamu sudah mempunyai Windows 8 pada DVD.

11.%2520burn

12. Membuat Sebuah Partisi Untuk Windows 8.

Selanjutnya, kita akan membuat area terpisah pada hard drive/ hard disk, biasa disebut dengan nama partisi, dimana Windows 8 dapat digunakan tanpa “bertabrakan” dengan Windows 7. Kita dapat memilih mana yang ingin gunakan pada saat booting PC. Untuk membuat partisi ini, klik Start Menu, klik kanan Computer, lalu pilih Manage. Klik Storage, kemudian Disk Management, dan setelah beberapa detik akan terlihat layar ini. Ini menunjukkan Drive/Partisi yang ada di PC.

6204e4c8

13. Kecilkan Volume Drive

Klik kanan pada hard disk di mana kita akan menginstal Windows 8, kemudian pilih Shrink Volume. Ini akan menentukan berapa banyak ruang yang Anda miliki. Note : Pilih partisi yang masih mempunyai volume yang cukup besar.

Cad33798

14. Berikan Ruang Lebih

Putuskan berapa banyak space/ruang yang  ingin digunakan untuk Windows 8. Ingat, Anda harus memiliki minimal 20 GB, jadi jika kita mempunyai volume hard drive yang lumayan besar. Bisa kita berikan antara 40 – 50 GB.

14.%2520shrinking-choice

15. Alokasi Ruang

Proses ini akan berakhir dengan disk dengan bar hitam pada bagian atas, dengan label “unallocated”. Klik pada bagian itu. Terus klik Next sampai terlihat “Format Partition.” Lakukan dengan menggunakan default.

21e2e6f7

16. Beri Nama Drive Dengan Sesuatu Yang Bermakna

Berikan drive baru sebuah nama untuk mengenalinya – saya memilih “Windows8”. Dan sekarang, kita siap untuk menginstal Windows 8 Pro, tanpa mempengaruhi instalasi Windows 7.

16.%2520name-it-windows8

17. Booting Dari DVD

Dengan DVD Windows 8 pada DVD Drive, reboot komputer. Saat Booting, akan terlihat notifikasi seperti dibawah ini, press any key to boot from CD or DVD. Tekan tombol apa saja untuk memulai booting dari DVD. Catatan : Jika ini tidak muncul, periksa Boot Order pada Bios. pastikan prioritas  boot order pada CD-ROM Drive. Kl masih bingung cara mengganti boot order pada Bios. Cek disini

8444d9bf

18. Memulai Instalasi

Pilih Bahasa, Klik “Install Now” dan instalasi akan dimulai!

18%2520install%2520now

19. Masukkan Product Key

Apakah anda mencatat Product key tadi ? Di sinilah Anda akan diminta untuk memasukkannya. Masukkan dan klik Next.

0ced61a9

20. Pilih Custom

Pada layar ini, pastikan untuk mengklik pilihan kedua, yaitu “Custom.” Pilihan ini untuk melakukan clean install  Windows 8, bukan melakukan upgrade. Klik Next.

6440fb7a

21. Pilih Partisi Baru Untuk Windows 8

Di sinilah nama drive sangat berguna. Pastikan mengklik pada partisi yang barusan kita buat, dan kemudian klik Next. Sekarang Anda dapat duduk santai dan rileks sementara  instalasi menginstall Windows 8 pada partisi tersebut.

718b4168

22. Dual Boot Telah Sukses!

Setelah instalasi selesai, inilah layar yang akan terlihat setelah komputer booting. Kita dapat memilih Windows 7 atau Windows 8. Jika tidak memilih salah satunya dalam waktu 30 detik (waktu ini bisa disesuaikan), default OS adalah Windows 8. Klik “change defaults or choose other options” dan kita dapat menetapkan Windows 7 sebagai default.

25e59e2e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s