Downgrade iOS 6 Menjadi iOS 5.1.1 Pada Perangkat A4 iOS Menggunakan Redsn0ws

Apple cukup keras dalam hal update iOS, Jika sekali pemilik iDevice memilih untuk meng-upgrade iOS mereka, mereka tidak dapat kembali pada iOS versi sebelumnya pada iDevice mereka. Dalam banyak situasi, ini tidak akan menjadi masalah, tetapi ada sejumlah alasan untuk mendowngrade ke versi lama, dalam hal ini, dari iOS 6 ke iOS 5.1.1.

IMG_0321

Kemungkinan alasan untuk mendowngrade firmware biasanya keinginan untuk memiliki jailbreak untethered atau hanya karena update iOS 6 lebih banyak menguras baterai atau menyebabkan masalah lain. Untungnya, sangatlah mungkin bagi pemilik iDevice tertentu untuk mendowngrade dengan Redsn0w, sebuah tool jailbreaking yang dikembangkan oleh iPhone Dev Team dan kita akan membahas secara lengkap di bawah ini.

Ada sedikit hal yang perlu diperhatikan :

  • Proses downgrade hanya berlaku untuk perangkat iOS yang dibundel dengan Apple SoC A4 atau dibawahnya. Ini termasuk iPhone 4, iPhone 3GS dan iPod Touch 4G, generasi terbaru seperti iPhone 4S atau iPad 3 tidak rentan terhadap exploit limera1n.
  • Proses downgrade bergantung pada SHSH dan APTickets yang disimpan untuk versi firmware yang relevan untuk downgrade. Bagi mereka yang mungkin tidak tahu, APTicket adalah sesuatu yang diperkenalkan Apple di iOS 5 sebagai bagian dari proses recovery dengan iTunes dan server aktivasi mereka. Jadi, Anda harus memiliki SHSH Blob untuk iOS 5.1.1 yang tersimpan pada perangkat yang ingin di downgrade.
  • Jika Anda belum memiliki SHSH Blob yang tersimpan untuk iOS 5.1.1, Anda beruntung karena saat ini Apple telah berhenti mensignature firmware ini.
  • Jika membutuhkan unlock dengan menggunakan Ultrasn0w harus terlebih dahulu membuat custom firmware tanpa upgrade baseband. instruksi bisa di ikuti pada langkah 5 di bawah ini.

Capture5.1.1

Langkah 1: Sebelum memulai proses downgrade atau jailbreak, merupakan ide yang baik untuk melakukan Backup. Tergantung pada metode pilihan Anda, menggunakan iTunes atau iCloud untuk menyimpan semua file dan data dari iDevice.

Langkah 2: Download Redsn0w 0.9.14b2 dari iPhone Dev Team yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda (Windows / Mac). Anda juga perlu men-download Firmware iOS 5.1.1. link download redsn0w untuk Windows / Mac.

Langkah 3: Hubungkan iDevice ke komputer menggunakan kabel USB. Ekstrak isi dari file Redsn0w yang di download dari langkah 2 dan jalankan aplikasi Redsn0w. Masukkan perangkat Anda ke DFU Mode

Langkah 4: Dari tampilan utama Redsn0w, pilih Extras kemudian pilih SHSH Blobs dari tombol yang tersedia.

CaptureExtras

Langkah 5: Tahap selanjutnya dari proses ini adalah memilih opsi Stitch. Redsn0w sekarang akan dibagi menjadi dua bagian, satu untuk IPSW dan lainnya untuk SHSH Blobs untuk Firmware. Klik IPSW dan pilih file firmware yang sesuai. Jika ingin memudahkan untuk unlock maka firmware harus di Custom menggunakan Redsn0w, sebagaimana disebutkan dalam catatan di atas.

CaptureSHSH

Langkah 6: Jika SHSH blobs untuk firmware tersimpan lokal di komputer, pilih “Local” dan arahkan redsn0w ke tempat file disimpan. Jika SHSH blobs tersimpan di Cydia, tempatkan iDevice pada DFU mode dan klik pada opsi Cydia.

CaptureStitch

Langkah 7: Redsn0w akan membuat file IPSW baru. Sekarang kita akan menempatkan DFU Mode ke iDevice dengan memilih Extras dan kemudian Pwned DFU dari tampilan utama redsn0w.

Langkah 8: Sebagai bagian dari proses, Restore akan diverifikasi dengan server apple, agar dapat dikembalikan seperti aslinya. Agar ini terjadi, ada beberapa info tambahan yang harus ditambahkan pada file Host yang tersimpan di komputer. Pengguna Windows, perlu mengarahkan ke Windows > System 32 > drivers > etc kemudian buka file Host. Pengguna Mac OS X akan cukup dengan membuka folder etc.

CaptureHost

Langkah 9: Cari file Hosts dari directori dan buka dengan editor teks favorit kamu di komputer, contoh notepad pada Windows dan TextEdit pada Mac OS. Pada bagian paling bawah dari file tambahkan teks: 74.208.105.171 gs.apple.com. Simpan file di lokasi aslinya.

CaptureServerapple

Langkah 10: Langkah akhir adalah menerapkan firmware baru ke perangkat A4 melalui proses recovery. Buka aplikasi iTunes di komputer, pilih iDevice yang terhubung dan lakukan manual restore dengan menekan Alt kiri + Restore (OS X) atau Shift kiri + Restore (Windows). Pilih IPSW yang telah disimpan oleh Redsn0w dan proses Recovery untuk menyelesaikan dalam iTunes.

iTunes mungkin akan memberikan error saat restore. Ini adalah normal. Firmware harus dikembalikan pada iDevice. Untuk Mengeluarkannya dari Recovery Mode, Buka Redsn0w lagi dan arahkan ke: Extras-> Recovery Fix untuk keluar dari Recovery Mode.

Setelah selesai, Anda dapat menjailbreak 5.1.1 dengan Redsn0w, atau Absinthe 2.0.

Proses mungkin memiliki beberapa langkah tambahan bahwa pengguna telah digunakan untuk di masa lalu, namun seperti Apple terus berusaha untuk menghentikan pengguna dari penurunan, Dev-tim harus datang dengan proses dan metode baru untuk mengelabui server aktivasi. Hal ini juga perlu diingat bahwa proses ini hanya tersedia pada perangkat A4 didukung dan tidak ada hardware Apple yang didukung oleh system-on-a-chip (SoC) A5 atau A6.

* Jailbreak iOS 6 saat ini terbatas pada tethered boot dan iDevice dengan SoC A4.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s