Aside

7 Tips Belanja Online Yang Lebih Aman

20121214-171509.jpg

Melakukan belanja online saat liburan memang lebih nyaman daripada harus berdesak-desakan di Mall, mengantri untuk melakukan pembayaran, dan menyisakan waktu yang sedikit untuk liburan karena kelelahan. Tapi jangan terlalu santai. Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk keamanan sebelum berbagi informasi pembayaran secara online.

Saat ini semakin banyak orang menggunakan smartphone dan tablet mereka untuk belanja online. Paypal sebagai perusahaan pembayaran online mencatat ada kenaikan 190% transaksi melalui ponsel tahun ini pada Cyber ​​Monday, dan naik 193% pada Black Friday. Pergeseran trend belanja melalui ponsel menimbulkan tantangan keamanan tersendiri, termasuk aplikasi malware dan phishing scams.

Berikut ini tips keamanan dan berbelanja online yang perlu diingat sepanjang tahun, pada semua transaksi online yang anda lakukan.

Check untuk “HTTPS”

Tidak semua webpage benar-benar aman. Sebelum memasukkan informasi pribadi atau pembayaran, pastikan untuk melihat address bar. URL harus dimulai dengan HTTPS, bukan HTTP. Satu hurup pada akhir, S, adalah pembeda antara website aman (secure site) dan website yang tidak aman (unsecured site).

Hal tambahan untuk diperhatikan adalah ikon kunci kecil di address bar. Ikon kunci ini menunjukkan bahwa Anda memiliki sambungan SSL (secure socket layer).

Pada perangkat mobile, address bar terlalu kecil sehingga kadang kita tidak memperhatikannya. Melakukan sedikit pinch-zoom untuk mencari S sebelum berbagi informasi pembayaran Anda.

Perhatikan jaringan WiFi

Belanja dari perangkat mobile berarti meningkatkan peluang berada di jaringan WiFi yang asing. Hal ini mgkn terjadi jika di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, dimana banyak terdapat Hotspot/Wifi umum.

Tips saat berbelanja online di Amerika

Hindari memasukkan nomor kartu kredit Anda atau informasi pribadi lainnya ketika anda berada di koneksi Wifi publik, karena orang bisa mengintipnya walau hanya menggunakan software freeware. Tunggu sampai anda kembali di rumah atau di tempat kerja.

Teliti Memakai Vendor dan Aplikasi Pembelian/Pembayaran Online

Toko-toko online di internet beberapa diantaranya memiliki reputasi baik dan reputasi yang rendah. Kadang saat berburu barang yang kita inginkan, kadang kita tergoda melakukan pembelian dari situs-situs yang menawarkan harga yang rendah, tetapi luangkan waktu untuk meneliti setiap vendor/toko yang kurang kita kenal.

Sebelum Anda menyerahkan informasi pembayaran Anda, lihat review item dari vendor. Hitung total biaya item, termasuk pengiriman dan pajak, ketika menentukan harga terendah.

Tips yang sama bisa digunakan ketika membeli aplikasi mobile. Download aplikasi ke smartphone atau tablet melalui toko aplikasi resmi, seperti App Store untuk iOS atau Google Play untuk Android.

Selalu cek review di app store untuk melihat apa yang pengguna lain katakan disana. Jika hanya beberapa review dan terdapat peringatan dari user lain. Jangan download software tersebut. Atau dengan memasang aplikasi keamanan/antivirus yang terkenal untuk men-scan aplikasi yang baru terinstall dan link-link yang berbahaya.

Waspada terhadap phishing, SMiShing dan Modus Penipuan Lainnya

Sekarang banyak orang mengerti dan mulai mengawasi inbox mereka terhadap email phishing scams (penipuan) yang kadang menyamar sebagai perusahaan atau organisasi yang sah yang meminta informasi pembayaran atau password. Berkat teknologi kadang menjadi begitu meyakinkan. Untuk amannya, copy dan paste semua link ke jendela browser baru daripada mengklik pada hyperlink, periksa alamat email berasal dan ketika ragu-ragu, hubungi perusahaan untuk memverifikasi e-mail tersebut.

SmiShing (singkatan yang indah untuk “SMS” Dan “Phishing”) telah muncul baru-baru ini. Akhir tahun ini, scammers mengirimkan teks memberitahu orang-orang bahwa mereka telah memenangkan gift card $ 1.000 dari Walmart. Teks-teks tersebut terkait dengan halaman yang meminta informasi kartu kredit untuk pembayaran biaya pengiriman hadiah.

Menjadi sebuah peraturan umum, jika perusahaan yang benar dan sah, tidak akan pernah menanyakan informasi pribadi melalui email atau peaan, termasuk informasi pembayaran, username, password, nama ibu kandung dan nomor keamanan sosial.

Amankan Perangkat Mobile Dengan Password

Ini merupakan saran no 1 dari pakar keamanan untuk perangkat mobile, Hidupkan Passcode di Smartphone atau Tablet.

Begitu mudah dan penting, tetapi hanya 54% orang di amerika yang menggunakannya. Mungkin hanya beberapa detik kita mengakses email atau membuka sebuah aplikasi, tetapi smartphone kadang berisi informasi berharga jika dibanding isi dompet anda.

“Beberapa aplikasi pembayaran menyimpan informasi setelah anda melakukan pembelian pertama, dan beberapanya lagi tidak meminta kita memasukkan password setiap kali kita menggunakannya,” jelas Halliday.

Jika ponsel atau tablet hilang atau dicuri, siapaun bisa mengakses data penting yang tersimpan di perangkat. Bahkan jika masing-masing aplikasi meminta untuk memasukkan password, mereka bisa menggunakan email atau no. Tlp untuk mencoba dan mereset.

Update Software/Aplikasi Sesering Mungkin

Update aplikasi dan OS ditujukan untuk masalah keamanan, menutup celah dan memperbaiki error yang dapat di exploit oleh para hacker.

Untuk Komputer, Selalu update OS dan pastikan menggunakan Browser versi terakhir.
Untuk Perangkat bergerak seperti smartphone apple dan android, rutinitas update begitu mudah, karena update aplikasi melalui app store / google play. Jadi kita tahu aplikasi apa saja yang membutuhkan update..

Gunakan kartu kredit daripada kartu debit

Kartu kredit lebih aman digunakan sebagai alat pembayaran online. Sebagian besar menawarkan proteksi pembelian jika no kartu kredit anda di curi dan fitur pengaman lainnya jika dibandingkan dengan kartu debit.

Like this post on facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s