Aside

3 Cara Menginstall Aplikasi Android Tanpa Google Play (Android Market)

Menginstall aplikasi di Android biasanya langsung melalui Android Market (google play). Cari aplikasi, pilih dan klik install, gampang sekali khan..?. Tetapi kadang kita ingin menginstall aplikasi yang baru rilis atau aplikasi yang tidak tersedia di Android Market. Pada kasus seperti ini, kita biasanya harus mendownload dan menginstallnya secara manual. File .apk mempunyai kesamaan seperti file .exe di Windows, kita harus meng Copy ke device atau PC dan menjalankannya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menginstall secara manual tanpa melalui Market.

Aktifkan “Unknown Sources”

Sebelum melakukan instalasi manual file .apk. Pertama kita harus mengizinkan Android Phone untuk menginstall dari “Unknown Sources” (seperti aplikasi-aplikasi non market
).

Untuk melakukannya, arahkan ke Menu -> Settings -> Applications dan beri tanda centang pada box “Unknown Sources“.apkinstaller-unknown

1. Menginstall Aplikasi Menggunakan Metode Konvensional

Step 1: Install File Manager

Android tidak mempunyai aplikasi bawaan yang mempunyai kemampuan untuk menjelajah data di SD card, jadi kita perlu menginstall sebuah file manager dari market. Banyak macam File Manager yang tersedia untuk Android, tetapi untuk pribadi inilah aplikasi favorit saya ASTRO File Manager.apkinstaller-astro-file-manager

Step 2: Copy .apk file ke SD card

Setelah ASTRO File Manager terinstall, hubungkan perangkat Android ke PC menggunakan kabel USB. Mount SD card dan copy file .apk yang akan kita install. Setelah selesai, unmount SD Card, agar SD Card terbaca oleh perangkat Android.

Step 3: Install .apk

Di perangkat Android, arahkan ke file .apk tadi menggunakan ASTRO File Manager dan pilih.

Selanjutnya akan terbuka box dialog untuk mengizinkan install aplikasi. Pilih “Open App Manager“.

apkinstaller-app

Di halaman ke 2, pilih “Install” dan “Install” lagi untuk menginstall file .apk.

apkinstaller-installapp

apkinstaller-appinstall

Aplikasi barumu sekarang telah terinstall.

2. Menginstall aplikasi menggunakan Dropbox

Dropbox aplikasi yang serba guna, dan sayang sekali jika tidak memanfaatkan kelengkapan utilitasnya. Metode ini sangat simple. Simpan file-file .apk ke dropbox. Buka aplikasi Dropbox, arahkan ke folder dimana file .apk tersimpan. Klik file tersebut dan Dropbox akan mendownloadnya ke perangkat Android, jalankan instalasi seperti biasanya.

3. Menginstall Aplikasi Menggunakan Online Apk Installer

Penginstall .apk online merupakan sebuah web app yang diciptakan dengan bantuan para anggota forum XDA-Developers htc-hd2, dengan kemampuan untuk melakukan instalasi manual, install file .apk menjadi lebih mudah. Sangat berguna jika kita ingin berbagi file .apk dengan teman-teman.

Step 1: Upload File

Pertama, buka website ini www.apkinstall.com.

Disini kita akan menemukan sebuah tombol hitam “Browse Files…” . Klik dan pilih file .apk di PC kita.

File .apk akan aktif setelah 15 menit.apkinstaller-browse

Step 2: Scan QR Code

Setelah file ter-upload ke website, sebuah QR code akan muncul di website tersebut.

apkinstaller-qrcodeAnda harus menggunakan Barcode Scanner untuk men-scan QR code ini. Saya menyarankan untuk menggunakan Barcode Scanner atau Google Goggles.

apkinstaller-barcodeSetelah QR code ter-scan, kita bisa meng-klik link untuk mendownload file .apk langsung ke perangkat Android.

Step 3: Install file .apk

Setelah terdownload ke perangkat, kita dapat menginstall dengan hanya meng-klik dan menjalankan proses melalui halaman instalasi

apkinstaller-download

Kesimpulan

Kebanyakan pengguna merasa lebih nyaman menggunakan metode konvensional dalam menginstall aplikasi-aplikasi Android. Tetapi jika mempunyai teman yang gaptek dan lokasinya jauh dari kita dan kita ingin berbagi aplikasi dengannya. Kita bisa upload langsung ke website installer apk online dan mengirimkannya sebuah QR code ke perangkat Androidnya. Scan menggunakan perangkatnya untuk menginstall aplikasi tersebut. Tanpa harus repot untuk meng copy dan menggunakan menggunakan sebuah file manager.

Dan sebagai tambahan, kita bisa juga menggunakan fitur bluetooth untuk berbagi file .apk jika ingin berbagi dengan teman secara langsung.

Beri komentar jika anda mempunyai pengalaman dalam menggunakan tool dan aplikasi yang tersebut diatas.

Credit: XDA-Developers

7 thoughts on “3 Cara Menginstall Aplikasi Android Tanpa Google Play (Android Market)

  1. Ajiz says:

    gan, ane pake cara astro tp ga bisa, tombol install-nya ga bisa di klik…
    pake aplikasi laen juga ga bisa…
    pengaturannya atau ada yang error gan kira2?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s