BIS and BES: Apakah perbedaannya ?

BIS dan BES adalah dua akronim yang sering terdengar di dunia BlackBerry, tetapi jika Anda adalah pengguna baru BlackBerry atau belum menggunakan BlackBerry, keduanya mungkin tidak akan berarti banyak bagi Anda. Padahal ini adalah hal penting yang harus diketahui para pengguna Blackberry.

BIS dan BES: apa bedanya?

Saya sering ditanya tentang perbedaan antara BES dan BIS. Keduanya melayani tujuan akhir yang sama: untuk memberikan email dan data ke dalam genggaman anda ( Perangkat Blackberry ) dengan cara yang aman dan dapat diandalkan. Jadi apa bedanya?

Apa itu BIS?
BIS singkatan dari BlackBerry Internet Service. BIS ini memberikan akses BlackBerry Anda ke Internet. Seperti halnya ISP (internet service provider), tapi untuk Smartphone dalam hal ini Blackberry  – bukan seperti internet untuk komputer di rumah. Setiap kali Blackberry anda mendapatkan email, atau mengakses halaman Web, semuanya dilakukan melalui server BIS.

Apa itu BES?
BES singkatan dari BlackBerry Enterprise Server. BES ini memberikan akses BlackBerry ke intranet perusahaan. Intranet adalah jaringan internal dan tersendiri dalam sebuah perusahaan. Ini seperti internet mini yang terputus dari jaringan internet seluruh dunia. Banyak intranet memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan internet juga, tetapi dengan tambahan lapisan keamanan.

Perbedaan
BES dan BIS memungkinkan BlackBerry Anda untuk mendapatkan email, serta mengambil halaman web dan menggunakan aplikasi pihak ketiga (seperti WICKSoft Mobile Document!). Semua lalu lintas dari ponsel Anda melalui server BES / BIS, dan kemudian server BES / BIS berkomunikasi dengan dunia atas nama Anda.

Perbedaan paling utama terletak di mana server berada dan tingkat kontrol dan keamanan yang Anda dapatkan.

Dalam kasus BIS, operator seluler anda yang mengoperasikan server. Semua hal dari BIS yang terkirim ke perangkat Blackberry anda dienkripsi, itu dilakukan demi keamanan data. Operator seluler dapat memutuskan aplikasi apa yang boleh berjalan pada ponsel Anda, dan bagaimana aplikasi tersebut berkomunikasi dengan internet.

Untuk BES, perusahaan anda yang mengoperasikan server, dan biasanya memiliki tempat dan department tersendiri di jaringan perusahaan. IT Departement mengontrol semua aspek dari server BES, dan itu biasanya diletakkan di lokasi yang baik dan aman.

Jadi apa arti sebenarnya dari semua ini ?
Ini semua tentang privasi. Dalam kasus BIS, semuanya beroperasi pada jaringan publik. Data dari ponsel ke operator anda dienkripsi, tapi akhirnya operator anda berkomunikasi dengan internet, yang kita tahu tidak selalu dalam lingkup yang aman. Kemungkinan seseorang mencegat data Anda, atau lebih buruk, mengalihkan ke sistem yang berbeda dari yang anda akses, dan banyak kemungkinan lainnya. Saya tidak ingin menakut-nakuti siapa pun, karena BIS biasanya lebih aman daripada mengakses Internet dari rumah menggunakan ISP, dan merupakan cara yang lebih aman daripada menggunakan WiFi atau Bluetooth.

Dengan BES, sebagian besar data anda ter-privacy, karena dalam jaringan tertutup. BlackBerry Anda memiliki link/jalur yang aman langsung ke lingkungan perusahaan, karena server BES terletak di suatu tempat di kantor anda . Satu-satunya cara bagi seseorang untuk memantau atau mencegat data anda adalah dengan menyusup ke organisasi/kantor anda.

Beginilah perumpamaannya : Dalam kasus BIS, ada seorang pria dengan sebuah amplop (data / email) sedang berjalan di sekitar kota jakarta berusaha untuk memberikan paket kepada anda, mudah-mudahan anda percaya padanya, dan mudah-mudahan tidak ada yang mencuri darinya atau memukul dia di kepala sampai dia pingsan lalu mengambil amplop dan menggantinya dengan yang lain. Dan perumpamaan untuk BES, dimana orang yang memberikan amplop berjalan di sekitar lingkup yang aman, di antara orang-orang terpercaya yang memiliki izin keamanan yang tepat, dan kamera yang mengawasi setiap langkahnya saat ia melakukan perjalanan 50 kaki dari mejanya ke meja anda.

Deskripsi tentang BES tidak sesederhana itu, tapi lebih dari sekedar urusan email. Tapi juga bertindak seperti sebuah VPN, dalam arti semua data yang dalam perjalanan antara BlackBerry anda dan kantor anda dipastikan telah dienkripsi.

Juga, BES menyediakan alat untuk mempublikasikan sesuatu dari suatu aplikasi, dan menentukan bagaimana aplikasi dapat berinteraksi dengan telepon dan jaringan.

Bayangkan jika ada 500 BlackBerry dalam organisasi Anda, dan anda  ingin menginstal sebuah aplikasi (contoh WICKSoft Mobile Document) pada masing-masing perangkat Blackberry. BES akan mem-push copy aplikasi untuk setiap perangkat tanpa harus secara fisik menyentuh satu persatu perangkat tersebut. Anda tidak perlu khawatir tentang pengguna akhir membuat kesalahan konfigurasi, atau lupa untuk menginstal aplikasi. Ini semua dilakukan secara otomatis, dan aman.

BES juga memungkinkan Anda menghapus dan mengunci perangkat dari jarak jauh. Hal ini sangat berguna untuk kasus-kasus di mana orang lupa jika BlackBerry mereka tertinggal di belakang taksi, ataupun dicuri.

Pembatasan
Tidak semua operator selular menawarkan tingkat yang sama dari layanan BIS. Beberapa dari anda tidak cukup beruntung dengan pembatasan yang membatasi aplikasi pihak ketiga  untuk mengakses Internet. Ini berarti bahwa banyak aplikasi pihak ketiga untuk BlackBerry yang tidak bisa digunakan.

Dengan BES tidak ada pembatasan yang ketat, karena perusahaan anda bisa memutuskan semua hal ini. Ingin GoogleTalk untuk bekerja, tetapi tidak untuk Yahoo! Messenger?  Tidak masalah, BES memungkinkan perusahaan Anda mengaktifkan salah satu, dan mematikan yang lainnya.

Kesimpulan
BIS menyediakan link langsung antara perangkat Blackberry  dan Provider anda, tapi setelah itu semua lalu lintas pada dasarnya keluar melalui Internet. Setiap dan semua keamanan menjadi tanggung jawab dari aplikasi BlackBerry yang bersangkutan, sehingga tidak ada jaminan keamanan. Dengan kata lain, BIS cukup baik dalam memberikan dukungan Internet dan email, dan bagian terbaiknya – Anda tidak perlu mengatur apa-apa.

BES pada dasarnya menyediakan hubungan langsung antara perangkat blackberry anda dan lingkungan kantor anda. Sangat aman, fleksibel, dan memberikan kontrol perusahaan anda atas semua aspek dari BlackBerry. Ada beberapa ‘dasar’ keamanan yang melekat dalam semua transaksi data, dan IT department anda selalu dapat menonaktifkannya kapanpun  jika sudah dikompromikan.

Perusahaan kecil, atau individu, lebih baik dilayani oleh BIS- karena menyediakan hampir semua yang anda butuhkan. Organisasi yang lebih besar, dengan sistem surat-menyurat internal mereka sendiri dan infrastruktur lainnya, pastinya harus menggunakan BES.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s