Memperbaiki Windows Update Yang Stuck

20121120-215413.jpg

Jika anda pernah memperhatikan windows menginstall update saat komputer dimatikan, kita tahu itu adalah proses yang sangat otomatis. Windows menginstall file update dan mengkonfigurasi file-file baru tersebut saat komputer dinyalakan kembali. Sistem update ini, biasanya bekerja sempurna, sangat jarang mengalami “stuck”.

Bagaimana kita tahu jika sebuah update mengalami stuck? Jika windows terus menerus mencoba menginstall update atau membutuhkan waktu yang lama untuk menginstall update saat komputer dimatikan, dan kemudian mengkonfigurasi file tersebut beberapa menit saat dinyalakan kembali. Kemungkinan update mengalami stuck. Biasanya muncul blue screen dengan tulisan pemberitahuan,“Configuring Windows updates 0% complete. Do not turn off your computer.” Setelah sekitar 5 menit, konfigurasi file gagal dan komputer starts up.

20121120-215636.jpgUpdate yang stuck, bukanlah masalah genting, tapi yang pasti mengganggu,terutama ketika Anda ingin memakai komputer dalam jumlah waktu yang terbatas. Untungnya, masalah ini mudah untuk diperbaiki dan akan bekerja untuk hampir semua Windows Update yang stuck.
Selama seminggu terakhir ini, kami telah mendengar (dan secara pribadi mengalami) masalah dengan Windows Update. Pada tulisan ini, ada 4 update yang menjadi penyebabnya. Dalam kasus saya, keempatnya memiliki nama yg dimulai dengan KB, singkatan untuk Knowledge Base, KB2515325, KB2522422, KB2492386, dan KB982018.
Sedikit lebih lanjut untuk detailnya saya membuka Windows Update dari Control Panel dan terlihat 9.4MB total file dari keempat update yang stuck dan menunggu untuk diinstal.

20121120-215951.jpg
Meskipun ada kemungkinan bahwa update yang stuck berbeda pada komputer lain, solusi ini akan tetap bekerja. Berikut adalah cara untuk memperbaikinya:

1. Download System Update Readiness Tool dari website Microsoft. File ini sekitar 300MB, jadi mungkin butuh beberapa menit jika koneksi internetnya lambat.
2. Setelah file berhasil di download, Buka dan jalankan program. Klik “Yes” ketika ditanya apakah Anda ingin menjalankan hotfix ini.

20121120-220227.jpg
3. Shut Down komputer setelah selesai menginstall System Update Readiness Tool untuk melakukan re-run dari Automatic Update.
4. Restart. Kali ini PC Anda akan menyelesaikan konfigurasi dari Windows Update dan komputer akan berjalan normal lagi.

20121120-220403.jpg

32 thoughts on “Memperbaiki Windows Update Yang Stuck

      • update kan munculnya di awal hidupkan. mau gimana masukin update yang di download tuh, sedangkan windows nya saja tidak masuk. booting nya berhasil tp, gagal update. ketika proses update tahap 3 langsung restart tanpa ada perintah, dan berulang gitu.

      • Memang seperti itulah OS yang normal, begitu restart harus kembali normal, tapi posting diatas membahas jika kita menemukan suatu hal yg ganjil yg berkaitan dengan update windows, menurut pengalaman saya, kasus seperti jarang terjadi…tapi pasti ada.

  1. wah ini yang saya cari mas Admin, awalnya laptop saya berjalan seperti adanya tapi setelah terkena virus, mengalami hal seperti itu, makasih atas info, artikel ini sangat bermanfaat bagi saya

  2. cantik says:

    Udah saya dowload lewat google hasil’a malahan jawabanya thank you sudah ngedonload,padahal ga ada tulisannya seperti yg diatas jelaskan,terus saya matikan laptop’a tapi ga configurasi lagi soalnya pas saya liat di windows update ada tulisan diatasnya melalui control panel-system n scrty-windows update,gimana tuh

  3. indrakosasih says:

    Gan saya mau tanya Laptop sy mengalami stuck 32%configuring lalu shotdown sendiri terus menerus bagaimana cara memperbaikinya tanpa instal ulang mohon jawabannya terimakasih gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s