Teknologi Deteksi Wajah di Facebook

20120620-160606.jpg

face.com, menggunakan face-detection technology untuk mengidentifikasi seseorang pada foto digital.

Face.com, perusahaan yg diakuisisi minggu ini merupakan perusahaan dengan teknologi pengenalan wajah dimana Facebook dan aplikasi mobile lainnya dapat mengidentifikasi wajah orang pada sebuah foto digital.

Salah satu aplikasi dari face.com, KLIK, mampu mengenali wajah-wajah teman facebook pada foto yang diambil menggunakan Mobile-phone.

” tembakkan KLIK dan lihatlah nama2 teman2 anda akan muncul secara langsung disamping wajah mereka sebelum dan sesudah anda mengambil sebuah foto” itulah review dari perusahaan pada halaman aplikasi ini di iTunes. ” jika KLIK tidak mengenali sebuah wajah, gunakan mode “Learn” baru untuk melatih dan meningkatkan pengenalan.

PhotoTagger, berfungsi di facebook untuk “auto-tag” wajah2 dalam album photo.

Tidak jelas persis bagaimana rencana Facebook mengenai penggabungan teknologi dan karyawan Face.com ini, yang dibeli antara $ 55 juta dan $ 100 juta, menurut laporan berita. (Jumlah yg pasti dari kesepakatan itu belum diungkapkan.)

Tetapi menurut Mike Isaac, seorang blogger pada All Things D, mengatakan sepertinya facebook ingin menggunakan teknologi dan pengalaman mereka untuk meningkatkan teknologi deteksi wajah ( face-detection technology ) di aplikasi smartphone dan tablet.

” Sekarang ini, fitur penyaranan tagging di facebook tidak bekerja pada mobile device sebaik pada Desktop, jadi mungkin saja jika Face.com, diharapkan membuatnya bekerja lebih cepat bagi pengguna mobile device untuk melakukan Tag dari apa yang akan diupload dengan tanpa kesulitan.” masih dalam tulisannya pada blog tersebut. “”Dan waktu yang masuk akal, mengingat bahwa Facebook baru-baru ini meluncurkan Facebook Camera, aplikasi foto mandiri (standalone) yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mengambil dan meng-upload secara langsung foto ke Facebook tanpa melalui aplikasi facebook di IOS ataupun Android.

Dalam posting di blog perusahaan, CEO face.com Gil Hirsch juga menunjukkan produk-produknya bisa membantu meningkatkan apa yang ditawarkan Facebook kepada penggunanya.

“Kami mencintai produk bangunan, dan seperti teman-teman kami di Facebook, kami berpikir bahwa ponsel adalah bagian penting dari kehidupan manusia karena keduanya membuat dan mengkonsumsi konten, dan berbagi konten dengan grafik sosial mereka,” tulisnya. “Dengan bekerja melalui Facebook secara langsung, dan bergabung dengan tim mereka, kita akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk membangun produk luar biasa yang akan digunakan oleh konsumen – itu saja yang pernah kita ingin lakukan.”

Facebook mengeluarkan pernyataan berikut kepada CNN dalam sebuah email:

“Orang yang menggunakan Facebook menikmati berbagi foto dan kenangan dengan teman-teman mereka, dan Face.com ini teknologi telah membantu untuk memberikan pengalaman foto terbaik Transaksi ini hanya membawa tim kelas dunia dan vendor lama dalam bidang teknologi ”

Seorang juru bicara perusahaan menolak berkomentar lebih lanjut karena kesepakatan Face.com belum ditutup.

Ini semua penting, karena Facebook adalah tempat yang paling populer untuk berbagi foto di internet. Dan perusahaan ini menerima upload sebanyak 300 juta foto tiap harinya. Yang berarti satu foto untuk setiap warga negara di Amerika Serikat.

Facebook sudah memakai face detection technology untuk membantu penggunanya untuk mengidentifikasi diri mereka dan teman-teman mereka dalam foto yang mereka upload ke situs. Ketika teman-teman menandai satu sama lain dalam foto, membuat orang lain pada jaringan akan melihat foto tersebut.

Tetapi, bagi sebagian pengguna Facebook, fitur deteksi wajah yang telah ada sekarang ini adalah sesuatu lain yang tidak diinginkan dan tidak berfungsi.

“Saya mencoba dari waktu ke waktu (untuk menggunakan fitur tersebut), tetapi Facebook kadang berhasil mengklaim aku kadang tidak. Teknologi deteksi sepertinya tidak ada di sana,” tulis seorang pengguna Twitter bernama @ DanieljGross

Bahkan seseorang menulis tweet di @cnntech bahwa fitur penandaan (tag) otomatis di Facebook membingungkan teman-teman mereka dan saudara mereka.

“Ini sedikit menakutkan untuk jujur,” tulis lain pengguna Twitter, @ earthtonadia.

Facebook memberikan pengguna pilihan untuk mematikan deteksi wajah. Untuk melakukannya, pergi ke pengaturan privasi Anda (klik tanda panah di bagian kanan atas situs untuk sampai ke sana) dan kemudian mengedit pengaturan “Timeline and Tagging”. Di bagian bawah daftar, Facebook bertanya, “Siapa yang melihat usulan tag ketika foto yang terlihat seperti Anda di-upload?” Mengubah bahwa pengaturan untuk “Nobody” jika Anda tidak ingin wajah anda terdeteksi.

Pengguna juga dapat memilih untuk meninjau sebuah foto yg ditag sebelum tag muncul di Facebook.

Atau, jika Anda ingin funky, Anda bisa lakukan dengan selalu memakai topi bizzaro dan make up supaya teknologi deteksi wajah tidak mengenali wajah anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s